Senin, 17 Maret 2014

Tips perawatan mobil manual

Merawat Mobil Transmisi Manual Agar Lebih Halus Dan Awet
Tips Merawat Mobil Transmisi Manual.

Semakin banyak mobil dengan transmisi manual yang lebih banyak di sukai oleh pengguna mobil di Indonesia, khususnya anak muda yang menyukai tantangan dan sport, selain karena perawatan dan harganya yang lebih murah dari mobil jenis transmisi matic, menarik mobil transmisi manual lebih responsif dan kuat. Berikut ada beberapa tips merawat mobil transmisi manual agar transmisi lebih halus dan enak dipakai. Selain itu ada beberapa hal yang dipertimbangkan agar Anda lebih memilih mobil transmisi otomatis yaitu, Tips Membeli Mobil Bekas Transmisi Otomatis.

Menyetel ketinggian kopling
Anda dapat melakukan penyetelan ketinggian kopling untuk memperhalus dan juga mempercepat pergantigan gigi pada transmisi manual. Terlebih dahulu Anda dapat melakukan penyetalan pada kopling mobil anda, karena efek dari jarak pedal kopling yang terlalu tinggi ini dapat merengangkan jarak antara kopling dan transmisi manual mobil baru 2013 Anda. Peneyetelan tersebut dapat dilakukan dari pedal kopling dan juga untuk beberapa jenis kendaraan melalui kabel yang terhubung dari kopling ke transmisi yang terletak dari bagian mesin.
Menggunakan oli transmisi berkualitas
Anda dapat menggunakan oli transmisi berkualitas, untuk dapat mempercepat dan memperhalus pengoperasian pada transmisi manual mobil Anda, sebaiknya menggunakan jenis oli fully syntetis dengan viscositas 75-90 W. Karakter dari pelumas tersebut dapat dibilang encer dan tahan panas, di mana infiltrasi oli tersebut ke setiap bagian di transmisi Anda akan menjadi lebih cepat, dan juga dapat memberikan perlindungan pada mesin mobil Anda.
Menggunakan produk suku cadang asli
Menggunakan produk yang orisinal, dapat memperpanjang umur pemakaian kopling Anda, sebaiknya jika Anda tidak menggunakan produk yang orisinal, maka dapat mengakibatkan transmisi manual Anda menjadi kurang halus dan dapat menimbulkan suara yang tidak halus saat kendaraan Anda melaju.
Pemakaian Kopling
Anda dapat menghindari menempatkan kaki di kopling, agar kopling Anda tidak cepat aus, sehingga saat gigi sudah masuk dan kendaraan sudah melaju, Anda dapat membiasakan agar kaki Anda tidak menyentuh pada pedal kopling. Efek dari kebiasaan tersebut, Anda dapat meningkatkan friksi antara kopling dan transmisi, yang dapat mempercepat umur pemakaian komponen tersebut.
Penggantian oli transmisi
Mengganti oli transmisi secara rutin, dapat memperpanjang umur pemakaian transmisi mobil Anda, sebaiknya Anda dapat melakukan penggantian oli tersebut setiap 15.000 kilometer atau 8.000 mil. Dengan melakukan hal tersebut secara rutin, dapat mengurangi friksi disekitar transmisi mobil Anda.









Tips Merawat Mobil yang Jarang Digunakan


Bagi Anda yang sering meninggalkan mobil dalam waktu yang cukup lama, misalnya ketika ditinggal bepergian keluar kota atau pulang kampung halaman, maka sebaiknya mobil Anda tidak ditinggal begitu saja. Tujuannya supaya pada saat nanti akan digunakan kembali mobil tetap dalam kondisi prima. Nah, apa saja sih tips yang digunakan? Simak baik-baik tips berikut ini:
Jika mobil matik, posisikan di transmisi "P", sehingga mobil tertahan sistem transmisi tanpa harus mengaktifkan rem parkir.
Rem tangan dalam posisi bebas, jangan biarkan rem tangan dalam kondisi masuk sebab akan menimbulkan kelengketan antara minyak dengan piringan rem, khususnya bagi kendaraan yang masih memakai rem tromol di roda belakang apalagi dalam jangka waktu yang lama.
Buat agar posisi ketinggian ban jadi sama rata bila mobil parkir ditempat yang permukaannya miring, tidak rata atau menanjak. Ini dimaksudkan agar kerja suspensi bisa merata, caranya bisa menggunakan stand jack, dongkrak atau balok. Namun seperti disebut dalam tips sebelumnya bahwa rem tangan jangan berada dalam posisi masuk, cukup dengan mengganjal keempat ban dengan balok atau benda keras lainnya dengan memasukkan gigi transmisi pada posisi R atau P supaya mobil tidak berubah posisi (diam).
Lepaskan kabel aki untuk mencegah kerusakan pada aki. Saat mencabut, awali dengan kabel negatif baru kemudian cabut kabel positif untuk menghindari resiko tersengant arus listrik dari aki. Saat memasang kembali, usahakan pasang kabel positif.
Ganjal wiper dengan busa atau kayu, jangan biarkan wiper bersentuhan dengan kaca mobil, sebab jika dibiarkan menempel dalam waktu yang lama maka karet wiper perlahan akan mengeras dan tidak lentur lagi (karet mati) sehingga akan terasa kasar atau bahkan menimbulkan baret saat kelak dipergunakan untuk membasuh kaca depan mobil Anda.
Pastikan semua komponen mesin mobil dalam kondisi fit, cek radiator, air accu, oli dan lain-lain. Hal ini agar memastikan agar mobil siap jalan jika sewaktu-waktu ingin digunakan.
Isi tangki bensin secukupnya. Jangan terlalu penuh juga jangan terlalu sedikit untuk memastikan bahwa mbil jika ketika hendak dipakai sewaktu-waktu nantinya telah siap digunakan.
Sebelum meninggalkan atau membiarkan mobil parkir untuk jangka waktu yang cukup lama, bersihkan terlebih dahulu secara lengkap. Diawali dengan membersihkan bagian luar (eksterior) yang bertujuan melindungi cat dari berbagai kotoran yang menempel dan mencegah timbulnya karat. Kemudian yang tak kalah pentingnya adalah membersihkan bagian dalam (interior), dapat dilakukan dengan menggunakan penghisap debu dan kain bersih.
Tempatkan beberapa pengharum dalam kabin mobil, Untuk menghindari bau yang tidak sedap selama mobil tidak digunakan bisa memberikan atau menempatkan pengharum dalam kabin mobil
Parkirlah mobil di ruang yang tertutup seperti garasi, untuk melindungi cat mobil dari hujan dan panas terik serta mencegah aksi kejahatan.
Bungkus mobil dengan cover mobil (salah satunya dengan produk dari Cover Super yang berkualitas) agar mobil tidak bersarang debu, dan mobil pun telah siap disimpan dalam garasi.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar